Rabu, 02 April 2014

Aplikasi Pendukung Interaksi Manusia dan Komputer dalam Kehidupan Sehari-hari

Dalam kehidupan sehari-hari, Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) adalah bukan hal yang asing lagi. Disini, saya akan memberikan sedikit contoh aplikasi yang mendukung proses terjadinyna IMK. Salah satunya adalah mesin ATM, Smartphone, dan Android.

ATM (Automated Teller Machine)
ATM, atau Automated Teller Machine yang mampu menggantikan fungsi seorang Teller yang biasanya berada di Bank, agar nasabah tidak harus pergi ke Bank dan menjumpain Teller jika ingin melakukakn berbagai macam transaksi. Cukup memasukkan kartu ATM yang sudah kita miliki ke dalam mesin ATM dan kitapun dapat melakukan transaksi.
ATM sering ditempatkan di lokasi-lokasi strategis, seperti restoran, pusat perbelanjaan, bandar udara, pasar, dan kantor-kantor bank itu sendiri.

Perangkat Keras

Diagram komponen dari mesin ATM

ATM biasanya terdiri dari perangkat berikut:
•           CPU (untuk mengontrol antarmuka pengguna dan perangkat transaksi)
•           Pembaca Magnetik dan/atau Chip kartu (untuk mengidentifikasi pelanggan)
•           Papan ketik PIN (mirip dalam tata letak papan kunci touchpad atau kalkulator), sering diproduksi sebagai bagian rangka yang aman.
•           Kriptoprosesor Aman, umumnya dalam bagian rangka yang aman.
•           Monitor (digunakan oleh pelanggan untuk melakukan transaksi)
•           Tombol fungsi (biasanya dekat dengan layar) atau layar sentuh (digunakan untuk memilih berbagai aspek transaksi)
•           Mesin pencetak rekam (untuk menyediakan pelanggan dengan catatan transaksi mereka)
•           Ruang penyimpanan (untuk menyimpan bagian-bagian mesin yang membutuhkan akses terbatas)
•           Housing (untuk estetika dan untuk melampirkan tanda tangan)

Karena tuntutan komputasi lebih berat dan jatuhnya harga arsitektur mesin seperti-Personal Computer, ATM sudah beralih dari arsitektur perangkat keras kustom menggunakan mikrokontroler dan/atau aplikasi-spesifik sirkuit terpadu untuk mengadopsi arsitektur perangkat keras dari sebuah Personal Computer, seperti, koneksi USB untuk peripheral, Ethernet dan komunikasi IP, dan menggunakan sistem operasi komputer pribadi. Meskipun tidak diragukan lagi lebih murah untuk menggunakan perangkat keras komersial "diluar cangkang", hal ini membuat ATM berpotensi rentan terhadap jenis masalah yang sama ditunjukkan oleh Personal Komputer konvensional.

Perangkat Lunak
Sebuah mesin ATM Wincor Nixdorfmenjalankan Windows 2000.

Dengan migrasi ke komoditas perangkat keras Personal Computer, sistem operasi standar komersial "diluar cangkang", dan lingkungan pemrograman dapat digunakan di dalam ATM. Platform Khas sebelumnya digunakan dalam pengembangan ATM termasuk RMX atau OS/2.

Hari ini sebagian besar ATM di seluruh dunia menggunakan sistem operasi Microsoft Windows, terutama Windows XP Professional atau Windows XP Embedded. Sejumlah kecil penyebaran dapat masih menjalankan versi Windows OS seperti Windows NT, Windows CE, atau Windows 2000.

Terdapat pula industri keamanan komputer yang berpandangan bahwa sistem operasi desktop masyarakat umum memiliki resiko yang lebih besar sebagai sistem operasi untuk mesin pengeluaran uang daripada jenis lain dari sistem operasi seperti (aman) Sistem operasi waktu-nyata (RTOS).RISKS Digest memiliki banyak artikel tentang kerentanan kas mesin sistem operasi.

Linux juga menemukan beberapa penerimaan di pasar ATM. Contoh dari hal ini adalah Banrisul, bank terbesar di selatan dari Brasil, yang mengganti sistem operasi MS-DOS di ATM nya dengan Linux. Banco do Brasil juga me-migrasikan ATM-nya ke Linux.

Dengan terjadinya sistem operasi Windows dan XFS di ATM, aplikasi perangkat lunak yang memiliki kemampuan untuk menjadi lebih cerdas. Hal ini telah menciptakan generasi baru ATM aplikasi yang umum disebut sebagai aplikasi diprogram. Jenis aplikasi ini memungkinkan sebuah host yang sama sekali baru teraplikasi di mana terminal ATM dapat melakukan lebih dari hanya sekedar berkomunikasi dengan switch ATM. Sekarang sedang diberdayakan untuk terhubung ke server konten lain dan sistem video perbankan.

Perangkat lunak ATM terkemuka yang beroperasi pada platform XFS diantaranya Triton PRISM, Diebold Agilis EmPower, NCR APTRA Edge, Absolute Systems AbsoluteINTERACT, KAL Kalignite, Phoenix Interactive VISTAatm, dan Wincor Nixdorf ProTopas.


Smartphone











Smartphone atau ponsel pintar, adalah benda yang sudah tidak asing lagi dalam kehidupan sekarang ini. Karena fungsinya yang sangat banyak sehingga dapat membantu berbagai macam aktivitas manusia dan juga bentuknya yang efisien sehingga semakin memudahkan adanya interaksi antara manusia dengan komputer.

Smartphone (ponsel pintar) adalah sebuah telepon mobile yang dibangun dengan sistem operasi komputer, memiliki kemampuan kalkulasi canggih berserta konektifitas membuatnya lebih dari sekedar telepon.

Handset pintar pertama mengkombinasikan sejumlah fungsi asisten digital personal (PDA) dengan sebuah mobile phone. Pada model-model selanjutnya fungsi media player, kamera digital, kamera video pocket, dan unit navigasi GPS telah ditambahkan untuk menghadikan sebuah perangkat multi-guna.

Smartphone modern juga menyertakan layar sentuh beresolusi tinggi dan web browser guna menampilkan halaman web standar beserta situs yang mendukung perangkat mobile. Sedangkan akses data kecepatan tinggi disediakan oleh koneksi Wi-Fi dan mobile broadband.

Sedangkan untuk perangkat lunak, sistem operasi yang umum digunakan oleh ponsel pintar modern ialah Android milik Google, iOS-nya Apple, Symbian Nokia, OS BlackBerry RIM, Bada besutan Samsung dan Windows Phone Microsoft, webOS Hewlett-Packard beserta distribusi aplikasi berbasis Linux seperti MeeGo dan Maemo.

Semua sistem operasi tersebut dapat di install pada sejumlah perangkat mobile phone berbeda, dan secara tipikal setiap perangkat mampu menerima multi update software OS.


Android





Siapapun yang telah menggunakan smartphone pastinya tidak asing dengan Android. Ya, sistem operasi yang sudah ditanam (embed) ke dalam smartphone yang membuat smartphone dapat berfungsi secanggih mungkin. Berikut kita simak sedikit hal tentang android.

Android ( /ˈæn.drɔɪd/; an-droyd) adalah sistem operasi berbasis Linux yang dirancang untuk perangkat seluler layar sentuh seperti telepon pintar dankomputer tablet. Android awalnya dikembangkan oleh Android, Inc., dengan dukungan finansial dari Google, yang kemudian membelinya pada tahun 2005. Sistem operasi ini dirilis secara resmi pada tahun 2007, bersamaan dengan didirikannya Open Handset Alliance, konsorsium dari perusahaan-perusahaan perangkat keras, perangkat lunak, dan telekomunikasi yang bertujuan untuk memajukan standar terbuka perangkat seluler. Ponsel Android pertama mulai dijual pada bulan Oktober 2008.

Android, Inc. didirikan di Palo Alto, California, pada bulan Oktober 2003 oleh Andy Rubin (pendiri Danger), Rich Miner (pendiri Wildfire Communications, Inc.), Nick Sears (mantan VP T-Mobile), dan Chris White (kepala desain dan pengembangan antarmuka WebTV) untuk mengembangkan "perangkat seluler pintar yang lebih sadar akan lokasi dan preferensi penggunanya". Tujuan awal pengembangan Android adalah untuk mengembangkan sebuah sistem operasi canggih yang diperuntukkan bagi kamera digital, namun kemudian disadari bahwa pasar untuk perangkat tersebut tidak cukup besar, dan pengembangan Android lalu dialihkan bagi pasar telepon pintar untuk menyaingi Symbian dan Windows Mobile (iPhone Apple belum dirilis pada saat itu).

Google mengakuisisi Android Inc. pada tanggal 17 Agustus 2005, menjadikannya sebagai anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh Google. Pendiri Android Inc. seperti Rubin, Miner dan White tetap bekerja di perusahaan setelah diakuisisi oleh Google. Setelah itu, tidak banyak yang diketahui tentang perkembangan Android Inc., namun banyak anggapan yang menyatakan bahwa Google berencana untuk memasuki pasar telepon seluler dengan tindakannya ini. Di Google, tim yang dipimpin oleh Rubin mulai mengembangkan platform perangkat seluler dengan menggunakan kernel Linux. Google memasarkan platform tersebut kepada produsen perangkat seluler dan operator nirkabel, dengan janji bahwa mereka menyediakan sistem yang fleksibel dan bisa diperbarui. Google telah memilih beberapa mitra perusahaan perangkat lunak dan perangkat keras, serta mengisyaratkan kepada operator seluler bahwa kerjasama ini terbuka bagi siapapun yang ingin berpartisipasi.

Berikut ini adalah versi-versi Android yang telah rilis dari awal hingga sekarang (April 2014) :

Versi
Nama kode
Tanggal rilis
Level API
Distribusi
31 Oktober 2013
19

24 Juli 2013
18
2,3%
13 November 2012
17
12,5%
9 Juli 2012
16
37,3%
16 Desember 2011
15
19,8%
15 Juli 2011
13
0,1%
10 Mei 2011
12
0,0%
9 Februari 2011
10
26,3%
6 Desember 2010
9
0%
20 Mei 2010
8
1,7%
26 Oktober 2009
7
0%
15 September 2009
4
0%
30 April 2009
3
0%



3 komentar: